My Link

Photobucket

Teori Antena

Antena merupakan media yang dapat merubah besaran listrik dari saluran transmisi menjadi suatu gelombang elektromagnetik (GEM) untuk diradiasikan ke uadara bebas. Sebaliknya antena juga menangkap gelombang elektromagnetik (GEM) dari udara bebas untuk dejadikan listrik kembali melalui saluran transmisi. Antena mikrostrip terdiri atas tiga bagian

antena1.jpg

a. Conducting patch, patch ini berfungsi untuk meradiasikan gelombang elektromagnetik ke udara, terletak paling atas dari keseluruhan sistem antena.

b Substrat dielektrik, berfungsi sebagi media penyalur GEM dari catuan, dalam Tugas Akhir ini digunakan substrat dielektrik PCB FR4 Epoxi.

c. Groundplane, groundplane antena mikrostrip bisa terbuat dari bahan konduktor, dalam Bahan alumunium dapat mencegah adanya back lobe. Alumunium berfungsi sebagai reflektor yang memantulkan sinyal yang tidak diinginkan.


Teknik Pencatuan Antena

Ada dua macam teknik pencatuan antena mikrostrip, yaitu dengan probe koaxial, dan dengan menggunakan saluran mikrostrip. Kedua teknik pencatuan diatas masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

a. Microstrip to coaxial

Untuk menghubungkan saluran mikrostrip dengan probe coaxialnya maka diperlukan suatu konektor. Ada dua macam pemasangan konektor yang dapat dilakukan yaitu dengan cara through hole dan model england

b. Antena Foursquare

Antena foursquare mempunyai empat elemen yang berbentuk persegi (square) yang tersusun dalam 2 kolom dan 2 baris. Pada antena foursquare ke-empat elemen nya mempunyai ukuran yang sama. Antena ini bekerja pada frekuensi 3,5GHz yang digunakan untuk aplikasi BWA 3,5. Antena tersebut menggunakan conector terminal 50 Ω serta Elemen radiasi menggunakan 2 buah substrat dielektrik, yaitu sebuah substrat epoxy FR4 dengan tebal 1 mm dan permitivitas relatif sebesar 4.4 serta substrat styrofoam dengan tebal 6,4 mm dan permitivitas relatif sebesar 1,3.

c. Antena Fourpoint

Antena fourpoint akan mempunyai elemen yang berukuran sama antar ke-empat elemen tersebut. Ke-empat elemen ini akan tersusun sama dengan antena foursquare, tetapi bentuk dari tiap elemen itu membentuk sududt yang lancip di salah satu sudut terluarnya. Untuk bahan yang digunakan sama dengan antena foursquare, akan tetapi dalam pemodifikasian ini akan dilakukan dengan merubah bentuk patcnya dan ukurannya. Berikut adalah contoh antena fourpoint :

antena2.jpg

0 komentar: