My Link

Photobucket

Penguat Seimbang

Penguat Berimbang merupakan jenis Penguat Daya gelombang mikro yang dirancang dengan susunan seimbang antara Penguat Daya dan perangkat pasif berupa coupler yang dapat berfungsi sebagai power divider maupun combiner. Dengan tujuan untuk mendapatkan kestabilan pada Penguat Daya .

penguat seimbang.jpg

Parameter S Jaringan Dua Port

Dalam perancangan komponen gelombang mikro dilakukan analisis paramater S untuk mengetahui karakteristik perangkat karena saling terhubung dengan perangkat pasif dan aktif lainnya. Parameter lain yaitu H ,Y dan Z tidak bisa digunakan karena keadaan sirkit tertutup dan terbuka sulit untuk frekuensi tinggi

jaringan dua port dengan parameter-s.jpg

rumus s.jpg


a1dan b1 adalah tegangan maju dan balik pada port 1 sedangkan a2 dan b2 adalah tegangan maju dan balik pada port 2. S adalah koefisien transmisi dan pantul . Dalam menentukan nilai parameter S, dapat diperoleh dari persamaan:

2.1-1.jpg


Persamaan Penguatan Dua Port

jaringan 2 port penguat gelombang mikro.jpg

Ada

beberapa persamaan penguatan yang bisa didapat dari jaringan 2 port yaitu :

1. Penguatan Daya Operasi (Operating Power Gain), yaitu perbandingan antara daya yang dikirimkan pada beban ZL , dengan daya yang masuk ke jaringan dua port.

2.1-2.jpg

2. Penguatan Tersedia (Available Power Gain), yaitu perbandingan antara daya tersedia dari jaringan dua port dengan daya yang tersedia dari sumber.

2.1-3.jpg

Koefisien pantul sumber dan beban dalam kondisi Matched simultaneously, masing-masing dinyatakan sebagai :

Dimana2.1-31.jpg

2.1-312.jpg


Jika B1dan B2 berharga negatif maka tanda positif dipakai dalam persamaan diatas , demikian juga untuk sebaliknya Dari syarat kestabilan K>1, maka akan terdefinisi Maximum Stable Gain (MSG), yaitu penguatan maksimum yang dicapai pada saat K=1

2.1-4.jpg

3. Penguatan Daya Tranduser (Transducer Power Gain), yaitu perbandingan antara daya yang dikirim ke beban dengan daya yang tersedia pada sumber.

2.1-5.jpg

Ada 3 jenis penguatan tranduser:

  1. Penguatan tranduser match
2.1-6.jpg

b. Penguatan tranduser Unilateral

2.1-7.jpg

c. Penguatan tranduser unilateral maksimum

2.1-8.jpg

Penguatan maksimum yang dicapai penguatan tersedia, operasi dan tranduser ketika terjadi kesepadan secara simultan disebut sebagai Maximum Available Gain (MAG) :

2.1-9.jpg

Pada persamaan penguatan daya tranduser, dapat didefinisikan faktor gain efektif pada penyepadan input, gain transistor, dan faktor gain efektif pada penyepadan output, sehingga :

2.1-10.jpg

0 komentar: