My Link

Photobucket

TIPS MENGHEMAT LISTRIK

Hemat listrik

  1. Padamkan lampu jika penerangan sudah tak diperlukan lagi.
  2. Gunakan lampu-lampu taman pada tempat dan waktu yang sangat diperlukan saja. Jangan lupa mematikannya sewaktu hari mulai terang.
  3. Jangan biarkan televisi atau radio terus hidup ketika acara telah usai atau sewaktu Anda tak lagi berminat menontonnya/mendengarkan.
  4. Hindari memasukkan makanan atau air yang masih panas langsung ke dalam kulkas. Biarkan Makanan itu menjadi dingin dulu diluar. Baru masukkan ke dalam kulkas atau freezer.
  5. Tutup yang rapat kulkas anda. Sebab kebocoran lewat celah pintu kulkas, akan menyebabkan motor berputar dengan tenaga yang lebih besar. Artinya energi listrik yang terpakai lebih besar.
  6. Jangan mengisi kulkas terlalu sesak oleh makanan. Isi yang berlebihan akan membuat sirkulasi udara menjadi berkurang. Akibatnya kompresor harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu udara.
  7. Biasakan mematikan AC ketika ruangan tak lagi dipakai untuk waktu yang agak panjang. Tutup pintu dan jendela dengan rapat sewaktu AC mulai dihidupkan. Tutup juga tirai jendela untuk menahan sinar matahari dari luar. Pada umumnya AC memerlukan energi listrik cukup besar. Oleh sebab itu pasanglah thermostat pada kedudukan suhu yang sesuai kebutuhan.
  8. Hanya menggunakan mesin cuci apabila jumlah cucian sudah cukup banyak. Jika hanya 2 atau 3 potong pakaian, mengapa tidak Anda cuci dengan tangan saja.
  9. Lepaskan setrika listrik dari stopkontak setelah Anda selesai menyetrika pakaian. Menyalakan setrika listrik dari 450 watt misalnya, adalah sama dengan menyalakan lebih dari 10 buah lampu neon secara serempak.
  10. Nyalakan pemanas air (water heater) Anda selama 20 menit sebelum air panas diperlukan. Lalu matikan.
  11. Lumasi secara teratur bantalan poros atau as dan gigi transmisi motor-motor listrik.

0 komentar: