My Link

Photobucket

Instalasi Jaringan Lan / Networking

Jaringan LAN (Jaringan Komputer) atau yg sering di kenal dengan istilah Local Area Network / Networking, sudah tidak bisa di pisahkan lagi dari kegiatan rutinitas di kantor - kantor ataupun perusahaan - perusahaan, dengan kehadiran jaringan LAN ini maka segala aktivitas yang melibatkan pertukaran data, printer sharing, internet sharing dan lain sebagainya menjadi semakin mudah, cepat dan efisien.

Perkembangan komputer teknologi dan internet yang begitu cepat sedikit banyak telah mempengaruhi eksistensi komputer jaringan LAN, walau sekarang telah hadir Komputer Jaringan LAN tanpa kabel atau yg lebih di kenal dengan istilah Wireless LAN tapi tetap kehadiran Wireless Lan ini tidak serta merta bisa menggantikan posisi dan peranan Jaringan Komputer yang memakai kabel jaringan UTP ini , karena walau bagaimanapun juga wired lan tetap akan menjadi tulang punggung dan pilihan terbaik bagi banyak perusahaan terutama yang mengandalkan kehandalan, kecepatan dan keamanan jaringan.

Dan Onesolutionplus.com sebagai salah satu penyedia Jasa Layanan IT di Indonesia pada umumnya dan di Kota Batam - Kepulauan Riau pada khususnya, memberikan solusi di jasa layanan Jaringan Komputer/Networking Solution ini berupa pemasangan atau Instalasi Jaringan LAN/Networking dan juga Maintenance baik untuk warnet, perkantoran, perusahaan kecil (Small Office Home Office/SOHO), perusahaan menengah, sampai perusahaan berskala besar.

kabel jaringan UTP

Instalasi Jaringan Lan/Networking merupakan salah satu layanan (service) utama kami dan kami masih memfokuskan pada jaringan LAN dgn kabel UTP yg sudah lama populer, bahkan dengan kecepatan dan kualitas yg makin handal. Dan mungkin ke depan kami juga akan menghadirkan instalasi jaringan LAN yg memakai kabel fiber optic yang lumayan agak mahal harganya.

Topologi Jaringan Komputer

Di dalam Topologi Jaringan LAN dapat berupa jaringan LAN model peer to peer/workgroup dan jaringan LAN model Client - Server.

Jaringan LAN Model Peer To Peer atau Workgroup

Jaringan peer to peer adalah suatu sistem jaringan komputer dimana setiap host/node dapat menjadi server dan juga dapat menjadi client secara bersamaan, jadi tidak ada yang mengontrol dan tidak ada yg menjadi pusat atau centralnya, semua mempunyai akses yang sama di dalam komputer jaringan.

Jika saja ditinjau dari sebuah server maka server di Jaringan LAN peer to peer di istilahkan atau dapat dikatakan sebagai non dedicated server karena server tidak berperan penuh sebagai server murni namun dapat dikatakan juga sekaligus berperan sebagai client atau workstation.


Keunggulannya memakai sistem jaringan peer to peer antara lain:

  • Biaya relatif lebih murah dari pada client-server
  • Relatif lebih mudah dalam implementasi dan setting jaringannya
  • Tidak membutuhkan administrator yang pintar untuk mengelolahnya
  • Sesama komputer dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimilikinya
  • Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server


Dan sisi kelemahannya di antaranya :

  • Troubleshooting jaringanya relatif lebih sulit
  • Akses lebih lambat dibanding dengan jaringan client-server
  • Keamanan jaringan ditentukan masing-masing oleh user tersebut

Jaringan LAN Model Client - Server

Sebaliknya jaringan LAN client server adalah suatu sistem jaringan komputer yg memanfaatkan sebuah server atau beberapa server untuk dijadikan sebagai pusat pengontrol host atau node lainnya, dan juga server akan berfungsi sebagai penyedia fasilitas-fasilitas yg di perlukan untuk host/workstation di dalam suatu jaringan, dan workstation yg bertindak sebagai client hanya bisa menerima dan menggunakan fasilitas yg di sediakan oleh server komputer tersebut.

Server di jaringan tipe client-server dapat disebut Dedicated server karena hanya berperan sebagai server saja yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulannya menggunakan sistem Jaringan LAN Model Client - Server adalah :

  • Kecepatan accsess yang lebih tinggi karena menyediakan fasilitas dan dikelola secara khusus oleh satu atau beberapa server.
  • Mudah untuk melakukan administrasi dan sistem keamanannya lebih baik karna di server ada sistem pengontrolan dan level access, yang mana seorang administrator adalah yg memiliki level access tertinggi dan administrator juga yg berperan sebagai pengontrol server beserta host/workstation yg berada di jaringan tersebut.
  • Sistem backupnya bagus, karena pada jaringan client-server sistem backupnya dilakukan oleh server.


Tapi selain kelebihannya, Jaringan LAN Client - Server jg memiliki kelemahannya yaitu :

  • Biaya operasional relatif sangat mahal
  • Diperlukan seseorang sebagai administrator
  • Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server.jika server mengalami gangguan maka semuanya akan terkena.

0 komentar: