My Link

Photobucket

Induction Motor


. Apa itu Motor? motor disini bukan atau tidak sama dengan motor yang ada dijalan raya yang suka kebut-kebutan dan membahayakan orang, yang dimaksud motor disini adalah motor listrik, yang bisa menggerakan mesin supaya mesin tersebut bisa berjalan dan bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat buat orang banyak, kalau biasa orang awam bilang sih.. namanya dinamo, memang ada suatu kemiripan karena sama-sama menggunakan lilitan kawat.

. Motor dalam bahasa indonesia berarti " penggerak " sesuatu yang bisa menggerakan sehingga terjadi aktifitas tapi secara prinsip kerja definisi motor yaitu alat yang merubah energi listrik menjadi energi gerak atau energi putar, pada saat kumparan dari motor tersebut dialiri arus listrik maka pada bagian rotor akan terjadi gaya putar sehingga menghasilkan putaran, putaran ini yang akan menggerakan beban seperti baling-baling kipas, pompa air, gear box dll.

. Di dunia industri motor sangat memegang peranan sebab rata-rata mesin produksinya digerakan oleh motor kemudian motor-motor ini akan menggerakan roda gigi, conveyor, baling2, pompa, vibrator dll.

Bagian-bagian utama motor ada beberapa komponen yang sangat penting yaitu,

1. Stator

berupa sejumlah gulungan kawat email yang dililit sedemikian rupa berfungsi untuk menghasilkan medan magnet pada saat dialiri arus listrik.

2.Rotor
berupa shaft besi yang mempunyai lilitan kawat didalamnya, rotor berfungsi untuk menyalurkan gaya putar terhadap beban.

3.Bearing/bantalan
berfungsi untuk menahan rotor agar berputar pada porosnya dengan stabil, jumlah bearing dalam satu motor ada 2 buah, letaknya dibagian depan dan belakang.

4.Fan/kipas
berfungsi untuk mendinginkan body motor supaya suhunya tetap terjaga, terletak dibagian belakang motor, suhu motor akan naik perlahan-lahan sehubungan dengan adanya beban yang cukup besar dan pemakaian yang cukup lama

5.Body
berfungsi sebagai wadah dari semua bagian motor yang telah disebutkan diatas, terbuat dari besi dan bersirip-sirip yang berfungsi sebagai pendingin dan mengalirkan udara keseluruh badan motor.

0 komentar: