My Link

Photobucket

Mengenal Proximity Sensor



"Proximity sensor" mencakup semua sensor yang melakukan penginderaan/deteksi secara non-kontak, dibandingkan dengan sensor, seperti limit switch, yang mendeteksi objek dengan fisik menghubunginya. Proximity Sensor mengubah informasi tentang gerakan atau kehadiran obyek menjadi sinyal listrik. Ada tiga jenis sistem deteksi yang melakukan konversi ini: sistem yang menggunakan arus eddy yang dihasilkan di obyek penginderaan logam dengan induksi elektromagnetik, sistem yang mendeteksi perubahan dalam kapasitas listrik ketika mendekati objek penginderaan, dan sistem yang menggunakan magnet dan reed switch .

Standar Industri Jepang (JIS) mendefinisikan proximity sensor dalam JIS C 8201-5-2 (tegangan rendah switch gear dan gear kontrol, Bagian 5: rangkaian perangkat Pengendalian dan elemen switching, Bagian 2: sensor Proximity), yang sesuai dengan IEC 60947-5-2 penjabaran terhadap switch deteksi non-kontak posisi.

JIS memberikan nama umum "proximity sensor" untuk semua sensor yang menyediakan deteksi non-kontak dari objek target yang dekat atau dalam sekitar sensor, dan mengklasifikasikan mereka sebagai induktif, kapasitif, ultrasonik, fotolistrik, magnet, dll

Panduan Teknis mendefinisikan semua sensor induktif yang digunakan untuk mendeteksi benda-benda logam, sensor kapasitif yang digunakan untuk mendeteksi benda-benda logam maupun non-logam, dan sensor yang memanfaatkan medan magnet DC sebagai Proximity Sensor.

0 komentar: