My Link

Photobucket

Penyebab Accu Rusak



. Accu atau battery atau biasa kita menyebutnya aki adalah merupakan alat penunjang yang sangat penting pada kendaraan bermotor selain mesin itu sendiri, dapat dibayangkan betapa repotnya saat diperjalanan, aki kendaraan kita soak atau rusak, dipastikan akan banyak orang yang direpotkan gara-gara rusaknya aki karena mobil harus didorong ramai-ramai agar mesinnya bisa hidup.

. Fungsi accu pada kendaraan adalah sebagai sumber energi listrik arus searaah untuk menggerakan seluruh komponen listrik yang terdapat pada kendaraan dari mulai komponen mesin hingga sound system. Tegangan accu umumnya 12 VDC, 50-120 AH untuk kendaraan roda 4 dan 5-7 AH untuk kendaraan roda 2, nilah AH merupakan nilai kapasitas accu.

. Usia pemakaian accu basah yang umum digunakan pada kendaraan mobil/motor adalah 1,5-2,5 tahun tergantung dari pemakaian pengguna, accu yang soak dapat ditemui dengan gejala seperti susah distarter, bunyi klakson lemah, nyala lampu sen redup dll, sebab telah mengalami penurunan tegangan, jika diukur dengan volt meter pada accu yang sudah soak sekitar 1 Volt.

Hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada accu.

1. Air accu kosong
  • Pada saat lupa mengisi air accu hingga level air berada pada titik lower atau dibawahnya, akan menyebabkan kerusakan pada cell/elemen accu ketika kendaraaan dalam keadaan hidup.

2. Join kabel terminal pada accu kendor
  • Joint kabel pada terminal accu yang kendor dapat menyebabkan terminal dan kabel pada accu menjadi panas akibat dari gesekan kabel yang mnegandung arus listrik sehingga dapat menimbulkan percikan api hal ini dapat menyebabkan kebakaran pada kendaraan. Selain itu accu tidak akan terisi dengan baik pada saat kendaraan dalam kondisi hidup.

3. Seal water inlet rusak.
  • Pada accu terdapat beberapa lubang water inlet / pengisian air accu yang tutupnya menggunakan seal agar kotoran dan air tidak masuk kedalamnya, namun ketika sealnya rusak debu dan kotoran lainnya akan mudah masuk dan bercampur dengan air accu sehingga dapat mempercepat kerusakan dibagian dalam accu, selain itu air akan mudah keluar dan tumpah keluar mengenai bagian mesin lainnya, hal ini dapat menyebabkan karat pada bagian mesin yang terkena tumpahan air accu.

0 komentar: